Saturday, October 20, 2012

Dua Sisi Perbedaan

Setiap manusia pasti berbeda dengan manusia-manusia lainnya, karena manusia itu termasuk makhluk sosial yang tidak akan bisa hidup sendiri. Maka dari itu manusia diciptakan dengan berbagai macam perbedaan. Contoh kecilnya kalau saja manusia diciptakan sama sebagai orang kaya apakah akan ada petani? akankah ada yang mau menjadi seorang pembantu rumah tangga? saya rasa tidak akan ada. Bahkan dalam membangun sebuah bangunan, apakah hanya menggunakan bahan dasar yang sama? hanya pasir saja? tidak kan, ada pasir, batu, semen, batu bata, dll. Bersyukurlah karena adanya perbedaan ini. Tetapi apakah setiap perbedaan akan selalu menghasilkan sesuatu yang indah jiga disatukan? tentu tidak.
Perbedaan sebagai anugerah jika menuju suatu tujuan yang sama. Dengan kata lain perbedaan akan menjadi anugerah apabila kita bersama-sama menuju titik pencapaian itu. Sebaliknya perbedaan dapat menjadi petaka jika kita menuju suatu tujuan yang berbeda-beda.
Lalu apa yang terjadi di Negeri yang subur makmur ini? Kerap terjadi bentrokan, tawuran, anarkis, arogan. Sepertinya yang terjadi di negeriku tercinta Republik Indonesia ini, masih banyak manusia-manusia yang hidup di zaman kegelapan sosial, dalam arti pikiran mereka masih sama seperti zaman kegelapan sosial, sehingga jika ada suatu hal yang baru maka hal itu tidak harus ada. Ataukah orang Indonesia seperti itu, memiliki sifat Kemunafikan yang mendarah daging turun temurun. (Mudah-mudahan apa yang saya nilai ini SALAH.)
Intinya silahkan renungkan kawan!!!!!!!
Demikian yang dapat saya tulis, semoga bermanfaat.

No comments: