Sunday, October 7, 2012

Tata Nano kena Pajak Selangit, Takkan Semurah di India

Tata Nano
KompasOtomotif – Tidak ada yang murah di Indonesia! Bahkan predikat mobil termurah di dunia yang disandang Tata Nano bakal pupus ketika mulai menginjakkan kaki di Indonesia. Diimpor utuh dari India, mobil yang dibanderol Rp 25-35
juta di India itu akan kena banyak rentetan pajak.

Paling besar mungkin berada di import duty (yang berlipat-lipat nominalnya), PPnBM, PPn, PKB dan lainnya hingga Tata Nano bisa saja dibanderol tak kurang dari Rp 90 juta! Dengan harga itu, filosofi Tata Nano sebagai alternatif pengguna sepeda motor agaknya tak berlaku di Indonesia.

Menurut sumber KompasOtomotif di Tata Motors Indonesia (TMI-agen pemegang merek Tata di Indonesia), Tata Nano hanya bisa murah jika dirakit, syukur-syukur diproduksi di Indonesia.

”Semua pajak yang dibebankan terhadap Tata Nano membuatnya mahal. Di IIMS nanti Tata akan men-display Nano dan pikap mini komersial. Kita lihat nanti responsnya. Untuk sementara sudah banyak yang berminat terhadap Tata Nano,” sebut sumber tersebut, hari ini.

Sembari menyiapkan jaringan dealer, Nano dan line up Tata lain cukup dipamerkan di IIMS 2012, dan akan mulai dijual tahun depan.

No comments: